Menjadi Seorang bounty manager harus memiliki skill kompleks, dan saya rasa jangan nekat jika tidak memiliki tim.
Sejauh yang saya teliti, seorang/tim harus memiliki kriteria minimal berikut:
1. Kemampuan dasar bounty manager.- Berbahasa inggris (harus, karena yang ditangani banyak proyek dari luar).
- Kejelian dalam meneliti & menilai suatu proyek.
Banyak BM yang mengabaikan ini demi mendapat bayaran besar, padahal hanya iming2 dari proyek scam atau proyek tidak laku pasaran (tidak memiliki visi misi yang kuat). Akhirnya bekerja tanpa mendapat bayaran dan reputasi menjadi buruk.
- Kemampuan komunikasi yang baik dengan pengembang dan komunitas.
Menurut saya pribadi, BM yang bagus adalah BM yang membuka dan menutup bounty oleh dirinya sendiri hingga paling akhir perjalanan (fase pembayaran selesai). Artinya tidak lepas tangan setelah fase bounty berakhir, setiap masalah harus dipertanyakan ke pihak dev dan di jelaskan ke komunitas. Ingat tanggung jawab anda di akherat nanti
- Transparan (tidak ada hal yang disembunyikan dan tidak ada dusta diantara kita kecuali memang harus dan terpaksa)
- Tegas dan berani mengambil kesimpulan dan keputusan.
2. Kemampuan lanjutan- Keterampilan dalam mengolah data dan dokumen (setidaknya untuk keperluan pendaftaran dan perhitungan stake).
- Keahlian mengolah grafis untuk membuat thread bounty yang menarik perhatian dan mengundang banyak peserta, mulai dari judul hingga konten didalamnya. Hal sekecil apapun diperhitungkan bahkan sebelum thread terbuka (masih berupa
list judul bounty namun terlihat mencolok). Satu hal lagi, membuat signature code. Banyak BM yang tidak menguasai dan harus membayar orang untuk membuatnya (belum apa-apa sudah keluar modal).
3. Kemampuan ekstra- Periklanan
Sebagian besar dev. memilih untuk menentukan jenis bounty yang harus diluncurkan BM (Sig, FB, TW, TG, Blog, Vid, dll). Tapi tidak ada salahnya untuk mengajukan jenis lain yang lebih cocok. Inilah sebenarnya peran seorang advertiser, mereka lebih tahu jenis2 bounty yang cocok sesuai bidang proyek dan ruang lingkup mana saja yang harus di kampanyekan oleh peserta bounty mereka.
- Pemrograman
Ini hanya untuk BM yang ingin membangun web untuk memanajemen bounty mereka sendiri tanpa harus melalui forum, seperti bountyportals, CCX, bountyguru, crowdholding, bountyminer, dll.
Hanya menurut saya...edit:
4. Keaktifan
-Keaktifan BM dan komunikasi atau menjawab setiap pertanyaan dari para member, investors, atau bounty hunter(komunitas) tentang proyeknya sangat diperlukan apalagi di tread forum atau group telegram sangat diperlukan . Hal itu sangat penting karena ada banyak orang yang sering bertanya tentang perkembangan proyeknya. Jika BMnya aktif dan mampu menjebatani setiap pertanyaan seputar proyeknya dengan lancar, pastilah respon positif dari investors, bounty hunter dan orang lain (komunitas) akan makin bertambah untuk mendukung proyeknya.